Pages

23 September 2009

Makna Lebaran

Kepada Seluruh Umat Muslim saya ucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin".

Lebaran tidak hanya sebuah hari raya atau ritual tahunan dalam artian yang dangkal tetapi semestinya harus mampu memaknai Idul Fitri sebagai hasil proses panjang berpuasa selama satu bulan yang tidak hanya sekadar menahan makan, minum, dan sebagainya, tapi lebih substansial lagi adalah meminimalkan nafsu dan menghasilkan insan yang fitri. Hal inilah yang harus kita maknai dengan baik sebagai amanah dalam kehidupan keseharian.

Saat ini kita hanya disibukan dengan acara mudik. Tidak ada salahnya dan memang harus kita lakukan sebagai bentuk ungkapan kerinduan dan kasih sayang terhadap keluarga untuk kembali menjalin keeratan tali silaturahmi. Hanya ada sedikit yang mengganjal dalam hati saya mengapa kita harus disibukan dengan mudik dalam artian pulang kampung saja. Tanpa memaknai arti mudik dalam artian pulang atau kembali ke jalan yang lurus yang telah diajarkan oleh Allah kepada kita melalui Rosul-rosulNya.

Mampukah kita mudik secara rohaniah? hanya kita sendiri dan Allah lah yang tahu.

1 komentar :

  1. Titanium Necklace Mens - Tioga Arts
    Tioga Arts has a custom titanium frame that titanium fitness is used is titanium a conductor to create a titanium dioxide custom titanium chords engraved necklace for Mens. Use these in an interactive design to camillus titanium knife bring

    BalasHapus